Yang tak kan terlupakan

Monday 8 March 2010

Tips membeli ponsel bekas

Kemajuan teknologi yang sangat pesat mau tidak mau akan memberikan dampak kepada kehidupan manusia, dari yang sebelumnya manual maka akan berjalan serba otomatis. Hal ini juga terjadi kepada tren gaya hidup manusia itu sendiri, sebagai contoh penggunaan ponsel yang mengalami peningkatan sangat luar biasa telah membawa kita kepada kehidupan era digital yang serba cepat. Informasi menjadi suatu konsumsi masyarakat yang tiada henti yang harus dimiliki oleh setiap pengguna ponsel.

Penggunaan ponsel yang sudah sangat banyak ini membuat para pengembang ponsel terus melakukan inovasi guna mencapai pasar yang menjadi target mereka. Hal ini telah memberikan dampak bagi masyarakat untuk terus senantiasa memantau produk-produk atau ponsel-ponsel keluaran terbaru. Dan pada akhirnya masyarakat juga menginginkan atau merasakan kualitas atau fitur-fitur dari ponsele keluaran terbaru tersebut seperti 3G, membaca email dari ponsel, chatting, browsing dengan aplikasi terbaik ponsel, dan fitur yang lain dengan tidak mengesampingkan fungsi dasar dari ponsel itu sendiri.

Bagaimana caranya? Tentu saja jika Anda ingin merasakan atau menikmati fitur-fitur ponsel keluaran terbaru maka Anda harus membelinya. Hal ini mungkin bukan merupakan masalah jika Anda adalah orang yang sudah mapan dari segi finansial, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang mempunyai kondisi finansial pas-pasan?

Jalan satu-satunya adalah dengan membeli ponsel bekas atau second, tetapi hal ini juga tidak serta-merta menyelesaikan masalah. Kenapa? Karena membeli ponsel bekas atau second juga menimbulkan resiko seperti kualitas ponsel bekas sudah tidak selayaknya, kualitas suara sudah berkurang, dan kekurangan-kekurangan yang mungkin tidak dijelaskan oleh si penjual ponsel bekas tadi.

Berikut ini adalah tips membeli ponsel bekas atau second yang barangkali bisa Anda terapkan ketika akan membeli hanponsel bekas:

1. Perhatikan Kelengkapan Ponsel
Saran yang harus dilakukan adalah usahakan untuk membongkar isi ponsel tersebut. Perhatikan kelengkapan baterai, charger, dan kelengkapan lainnya. Terkadang casing yang masih bagus dapat menipu Anda untuk membayar lebih dan tidak membongkar isi ponsel. Perhatikan mur baut yang terpasang di ponsel, jika sudah aus atau lecek itu tandanya ponsel tersebut sudah beberapa kali dibuka dan kemungkinan kondisinya sudah mengkhawatirkan.

2. Tanyakan Kondisi Baterai Ponsel
Tanya dengan sopan tentang kondisi baterai, apakah masih baik dan normal atau bermasalah alias bocor. Baterai yang bocor biasanya hanya bartahan satu atau dua hari dalam posisi standby dan beberapa jam saat kondisi sering digunakan. Terkadang penjual sengaja diam agar kita tidak menurunkan harga tawar.

3. Tanyakan Garansi Ponsel
Jangan lupa untuk menanyakan jaminan bahwa ponsel tidak akan rusak dalam waktu singkat. Kadang ponsel bekas adalah hasil perbaikan dari ponsel yang sudah rusak yang belum tentu stabil dan lengkap fungsinya. Bila tidak ada garansi maka Anda dapat menurunkan harga, tetapi Anda akan menanggung resiko yang besar. Garansi beberapa minggu atau bulan akan lebih baik. Minta pula nomor telepon dan alamat yang dapat dihubungi. Sebelum maupun setelah Anda beli sebaiknya Anda test dulu semua fungsi dari ponsel tersebut, apakah berjalan dengan wajar dan normal. Segera hubungi yang menjual ketika Anda menemukan kejanggalan.

4. Survey Harga Ponsel Bekas
Hal terpenting sebelum Anda belanja ponsel bekas adalah survey harga. Pengetahuan Anda tentang harga akan menyelamatkan Anda membayar lebih mahal dari harga pasar. Untuk mengetahui harga Anda dapat mengecek di koran atau media yang banyak memuat harga ponsel.

5. Curiga Terhadap Ponsel Bekas
Apabila Anda menawar kepada orang yang tidak Anda kenal di jalan maupun di counter sebaiknya Anda selalu menanamkan rasa curiga. Jangan sampai Anda membeli barang hasil tidak kejahatan atau semacamnya. Jika ternyata Anda membeli barang milik teman Anda yang hilang maka urusannya bisa repot. Anda bisa dituduh maling oleh kawan Anda sendiri.

Demikian tips membeli ponsel bekas atau second, tips terbaik dalam membeli ponsel second adalah Anda sudah mengenal ponsel tersebut. Oleh sebab itu pembelian ponsel bekas dari teman yang sudah Anda kenal adalah lebih baik daripada harus membeli ponsel bekas dari counter ponsel. Selain harga yang lebih murah tentunya, juga rasa percaya Anda terhadap teman Anda dan sebaliknya.

Semoga bermanfaat!
sumber: asyanas

0 komentar:

Post a Comment