Yang tak kan terlupakan

Friday 19 March 2010

HDD Portable

Harddisk Portable..
bicara nama ini , pasti langsung terpikir tentang HDD yang ringkas dan bisa dibawa kemana2.
Yap benar HDD portable merupakan media penyimpanan alternantif yang sangat populer saat ini dan hampir menyamai flasdsik(USB) selain ukuranya yang kecil/ringkas (walaupun tak sekecil Flasdisk), kapasitas HDD portable sangat lah besar dan menyamai kapasitas sebuah HDD external sekalipun. Sehingga sekarang pemindahan dan penyimpanan data yang berukuran hingga terabyte pun terasa sangat mudah.

berikut sedikit tips dan trik untuk HDD portable :

Praktis, Ringkas

Tinggal koneksikan saja harddisk portabel ke port USB/FireWire komputer via kabel yang disediakan, dan Anda sudah mendapat tambahan kapasitas, yang mungkin saja lebih besar dibandingkan harddisk yang bercokol dalam komputer Anda. Juga tidak perlu pasang power supply tambahan. Mudah dan cepat bukan?

Harddisk portabel, sesuai namanya, tentu mudah dibawa-bawa, termasuk dimasukkan dalam saku celana, karena bentuknya yang ringkas, kompak. Biasanya, harddisk portabel datang disertaidengan software backup. Memang fungsi harddisk portabel - tadinya adalah sebagai media backup. Karena itu, harddisk portabel jugaberfungsi sebagai pemulih (restorer) data dan file jika file ‘asli’terkorupsi, karena virus misalnya.

Apa yang Perlu Diperhatikan?

Dipasar saat ini ada banyak sekali pilihan merek harddisk portabel,antara lain A-Data, Buffalo, Iomega, Imation, LaCie, Maxtor, Qnap,Samsung, Seagate, Toshiba, Transcend, dan Western Digital. Fisik harddisk portabel masa kini cantik, mungil, dengan kapasitas yang kianbesar. Ada yang mengemaskan harddisk 1,8″, ada yang 2,5″, juga 3,5″.Tinggal pilih mana yang dibutuhkan.

Nah, agar Anda tidak terlalu repot memikirkan apa saja yang harus dipertimbangkan saat membeli harddisk portabel, berikut kami berikan sedikit panduan.Perhatikan hal-hal di bawah ini saat berbelanja harddisk portabel.

1. Kapasitas (kapasitas simpan file maksimal)

Kapasitas simpan harddisk portabel bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 500GB.Namun kini juga sudah muncul harddisk portabel yang daya tampungnya mencapai 1,5TB (terabyte). Jika Anda banyak bekerja dengan file video dan grafis, kami sarankan untuk memilih harddisk portabel dengan kapasitas terbesar yang bisa Anda beli.

Selain ditujukan sebagai suplemen harddisk di komputer desktop, kebanyakan harddisk portabel kini justru membidik pasar pengguna notebook dan netbook (mininotebook). Harddisk portabel yang ditujukan pada notebook/mini notebookhadir dalam dua ukuran: 2,5″ dan 1,8″. Namun Anda juga tidak dilarang memilih yang berukuran 3,5″, kendati yang satu ini lazimnya ditujukan pada PC desktop. Tentu kenyamanan membawa-bawanya akan berbeda. Selainitu, harga harddisk portabel 1,8″ pasti lebih mahal dibandingkan yang2,5″, kendati keduanya berkapasitas tepat sama.

2. Kecepatan putar drive

Kecepatan putar disk sebagian ditentukan oleh kecepatan laju data, dan dinyatakan dalam rpm (rotation per minute). Umumnya harddisk portabel berputar pada kecepatan 5400rpm.

3.Besar buffer atau cache

Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request)berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB - 16MB.Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran bufferyang dikemaskan sebuah harddisk portabel, akan semakin mahal pula hargaharddisk portabel tersebut.

4. Fitur Recovery

Pilihlah harddisk portabel yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery.Fitur ini berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya asupan listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Anda akan bisa memulihkan data yang hilang/rusak.

5. Kemampuan PnP (plug and play)

Tancapkan kabelnya dan harddisk portabel langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun, begitu maksud PnP. Kemampuan PnP khususnya diperlukan jika Anda bermaksud menggunakan satu harddiskportabel di beberapa komputer - PC di kantor, netbook di luar kantor,atau notebook di rumah.

0 komentar:

Post a Comment