Yang tak kan terlupakan

Thursday 4 March 2010

Mengapa kalender China berhubungan dengan binatang?

Mengapa kalender China berhubungan dengan binatang?Menurut kalender China, jatuh pada hari Minggu (14/2) kemarin bertepatan dengan hari valentine dan bergerak dari masa kerbau ke macan. Setiap tahun pada kalender China selalu ditandai dengan binatang, yang berputar dalam siklus 12-tahun. Mengapa kalender China berhubungan dengan binatang?

Kalender China diperkirakan telah dirumuskan sekitar 500 SM, meskipun unsur-unsur penanggalan China paling tidak sudah ada sejak Dinasti Shang sekitar 1.000 SM. Sistem ini mengukur waktu berdasarkan pada kalender bulan, dengan satu siklus peredaran bulan atau satu kali ayunan di sekitar bumi sekitar 29,5 hari.

Satu tahun China biasanya meliputi 12 bulan, bergantian antara 29 dan 30 hari.

Karena total dalam satu tahun mencapai 354 hari, sesekali dalam sebuah bulan ditambahkan ke kalender agar tetap selaras dengan siklus matahari, di mana satu tahun adalah lebih dekat dengan 365 hari.

Tahun Baru China biasanya jatuh pada bulan baru kedua setelah winter solstice atau sudut terjauh bumi dari matahari (meskipun aturan ini sedikit rumit jika ada lompatan bulan).

Ketika bulan dan matahari berada pada sisi yang sama dengan Bumi, maka bulan tidak akan tampak di langit, dan itu disebut bulan baru.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, bukan hanya tahun dalam kalender China yang berkaitan dengan hewan. Bulan dan jam juga terikat dengan 12 makhluk, sehingga orang dapat memiliki hari lahir, bulan dan tahun binatang yang mempengaruhi kepribadian mereka.

12 hewan yang terkait dengan tahun:

Harimau - 2010 - berani, emosional, tidak terduga
Kerbau - 2009 - kokoh, tenang, dapat diandalkan
Tikus - 2008 - cerdas, menarik, blak-blakan
Babi - 2007 - tulus, sabar, jujur
Anjing - 2006 - setia, jujur, cerdas
Ayam jantan - 2005 - akal, terorganisir, tegas
Monyet - 2004 - aktif, suka bersenang-senang, penasaran
Kambing - 2003 - kreatif, lembut, penyayang
Kuda - 2002 - energik, mandiri, pekerja keras
Ular - 2001 - menggoda, pintar, bijaksana
Naga - 2000 - mulia, energik, bergairah
Kelinci - 1999 - penyayang, tulus, peka

[inilah.com]

0 komentar:

Post a Comment