Yang tak kan terlupakan

Thursday, 6 May 2010

INILAH ALASAN MENGAPA SRI MULYANI DIPILIH MENJADI DIREKTUR BANK DUNIA


Obrolan di warung kopi kemaren begitu heboh soal pengangkatan Sri Mulyani Indrawati menjadi pejabat di Bank Dunia. Tapi mau tau apa yang bikin heboh? Entah karena kurang menyimak berita atau memang sok tahu, yang jelas banyak orang yang mengira bahwa Sri Mulyani Indrawati ditunjuk sebagai Presiden Bank Dunia. Padahal mantan menteri keuangan ini  hanya memegang jabatan sebagai salah satu direktur. Lebih jelasnya simak berita kompas berikut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ditunjuk menjadi Managing Director atau Direktur Operasional Bank Dunia mulai 1 Juni 2010 menggantikan pejabat lama yang akan habis masa jabatannya pada 30 Mei 2010, Juan Jose Daboub. Ini layak karena Indonesia sendiri merupakan salah satu negara terbesar yang lolos dari krisis global.

Kenapa Bank Dunia menjatuhkan pilihan kepada Sri Mulyani? Presiden Bank Dunia Robert B Zoellick dalam siaran pers resmi Bank Dunia yang diterima Kompas, Rabu (5/5/2010), menyebutkan, sosok Sri Mulyani dinilai cocok dengan jabatan ini karena memiliki pengalaman dalam mengarahkan kebijakan perekonomian di Indonesia, negara terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Zoellick mengemukakan penunjukan Sri Mulyani itu yang sudah menjadi Menkeu Indonesia sejak 2005. Ini layak karena Indonesia sendiri merupakan salah satu negara terbesar yang lolos dari krisis global.

"Saya dengan senang hati saya mengumumkan pengangkatan Sri Mulyani Indrawati. Dia sudah menjadi Menteri Keuangan dengan pengetahuan yang mendalam dalam isu pembangunan dan cara menjalankan kebijakan di Kelompok Bank Dunia," ujarnya.

Sebagai anggota senior dalam tim, Sri Mulyani akan menjalankan fungsi kunci dalam membawa Bank Dunia ke arah penguatan dukungan terhadap anggota, maupun dalam mengimplementasikan berbagai program reformasi, dan mengantisipasi tantangan pada masa depan.

0 komentar:

Post a Comment