Yang tak kan terlupakan

Thursday 4 February 2010

Istilah-Istilah Dasar Internet

Pelajarilah istilah-istilah dasar internet berikut agar Anda memahaminya sebelum Anda memasuki dunia maya yang penuh dengan bermiliar-miliar informasi positif dan negatif. Informasi itu harus Anda seleksi. Sesuaikan informasi tersebut dengan hobi Anda, bidang studi yang ingin anda kuasai, tokoh yang ingin Anda jadikan contoh untuk kesuksesan studi dan mungkin bisnis Anda. Jadi, usahakan Anda mendapat informasi yang selalu menguatkan harapan hidup Anda. Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia internet, di antaranya sebagai berikut.

Istilah dan Definisinya


Alias = Istilah sebuah ikon pada mesin Macintosh yang di digunakan untuk membuka dokumen, folder, atau program pada bagian lain di harddisk Anda.Nama Alias ditulis dengan huruf miring. Nama lain untuk nickname yang digunakan dalam program chatting

Bandwidth = Jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka Waktu tertentu. Bandwidth, biasanya, ditentukan dalam satuan megabits per second.

Cache = Tempat penyimpanan lokal untuk file jaringan

Chatting = Sebuah program yang memungkinkan Anda bisa "ngobrol" dengan orang lain melalui internet. Namun, media komunikasi yang digunakan bukan suara (ucapan lisan), melainkan tulisan yang anda ketik dengan keyboard komputer. Hasil "obrolan" Anda dan lawan bicara Anda akan tampil di layar monitor.

Cookies = Suatu mekanisme yang dipakai dalam koneksi oleh komputer server untuk menyimpan dan mengambil informasi yang terdapat pada komputer client.

Dial-up program = Sebuah software yang mengontrol modem dan mengurusi semua proses komunikasi antara komputer dan ISP.

DNS = Domain Name System. Sistem yang digunakan untuk penamaan alamat URL.

E-mail = Sebuah program yang memungkinkan Anda berkirim-kiriman surat elektronik melalui internet.

FAQ = Frequently Asked Questions. Dokumen penting yang berisi jawaban-jawaban atau penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan dari subjek tertentu. FAQ dalam sebuah web site adalah sebuah halaman web (web page) yang berisi jawaban-jawaban/penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pengunjung terhadap "isi" dari web site tersebut.

Field = Suatu tempat biasanya, dalam sebuah formulir isian untuk memasukkan informasi tertentu. informasi yang terhadap pada satu field disimpan secara terpisah dengan field yang lain.

Flame = Pesan yang isinya menghina dan bermusuhan yang dikirim lewat internet (biasanya melalui e-mai atau newsgroup).

Flame Bait = Sebuah pesan yang dikirim ke forum diskusi atau group chat yang biasanya bernada provokatif dan menghina.

Flat Rate = Biaya berlangganan internet dengan biaya per bulannya tetap dan tidak dipengaruhi oleh lamanya pemakaian koneksi. Biaya ini tidak termasuk biaya pulsa telepon.

Freeware = Software atau program yang dapat di-download dari internet secara gratis.

FTP = File Transfer Protocol. Suatu protokol (aturan) yang dipakai secara luas di internet untuk mentransfer file dari komputer yang satu ke komputer lainnya (atau dari komputer ke internet dan sebaliknya).

Gateway = Peralatan atau hardware yang memungkinkan informasi untuk berpindah diantara dua jaringan komputer yang berbeda.

GIF = Graphical Interchange Format. Suatu format file grafik/gambar yang digunakan secara luas di internet karena ukurannya sangat kecil.

Homepage = Halaman awal (pertama) pada sebuah web site (situs web). Homepage, biasanya, berisi beberapa link ke bagian penting lain dari sebuah situs web. Istilah homepage juga dipakai untuk menjelaskan halaman web pribadi/perorangan sebagai "rumah" mereka di dunia internet.

HTML = HyperText Mark-up Language. Bahasa program yang digunakan untuk membuat situs web (web site). File HTML adalah suatu format file yang dibuat dengan bahasa HTML dan biasanya dibuka dengan program browser. Satu file HTML bisa diidentikan dengan satu halaman web (web page)

HTTP = HyperText Transfer Protocol. Salah satu protokol yang digunakan untuk bertukar informasi di World Wide Web (internet).

Hypertext Link (Hyperlink) = Teks yang dapat diklik untuk mengakses dokumen yang lain (atau bagian lain pada dokumen yang sama). Pada halaman web (web page), hyperlink (atau link saja), biasanya, berwarna khusus dan digaris bawahi (walau ada juga yang tidak).

Intranet = Internet dalam skala/cakupan yang lebih kecil. Biasanya, dibuat untuk perusahaan atau organisasi tertentu. Mungkin bisa dianalogikan dengan LAN (Local Area Network) yang populer beberapa waktu lalu, sebelum munculnya internet.

IRC = Internet Relay Chat. Salah satu program untuk ngobrol (chatting) di internet.

ISP = Internet Service Provider. Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi ke internet. Jika Anda hendak memiliki akses internet di rumah atau kantor, biasanya, Anda harus berlangganan pada ISP tertentu. ISP bisa dianalogikan dengan PDAM (untuk berlangganan air) atau PLN (untuk memasang sambungan listrik).

JPEG = Joint Photographic Experts Group. Format dari file gambar/grafik yang secara luas digunakan di internet karena ukurannya yang kecil. JPEG dan GIF merupakan format-format file grafik "resmi" yang digunakan di halaman web (web page). File gambar dalam format lain (seperti PSD, TIFF, dan BMP) hingga saat ini belum kompatibel untuk digunakan dalam halaman web. File JPEG memiliki unsur warna yang lebih banyak ketimbang GIF, sehingga file-file JPEG biasanya berisi foto-foto berwarna. File-file GIF, biasanya, berisi grafik-grafik yang memiliki unsuk warna yang lebih sedikit, seperti logo perusahaan.

Kbps = Kilobits per second (1024 bits per second). Kecepatan per unit dari data yang dapat ditransfer.

Link = Lihat Hyperlink.

Log In = Masuk ke sebuah halaman web yang memiliki otoritas sangat pribadi/rahasia. Untuk bisa masuk, biasanya Anda harus memasukkan username dan password. Contohnya adalah ketika Anda masuk ke inbox e-mail Anda.

Log Out = Keluar dari sebuah halaman web yang memiliki otoritas sangat pribadi/rahasia. Log out perlu dilakukan untuk alasan keamanan, agar orang lain tidak masuk ke halaman tersebut.

Mailing List = Daftar beberapa alamat e-mail yang digabung menjadi satu alamat e-mail untuk memudahkan proses pengiriman pesan. Jika Anda mengirim pesan ke sebuah alamat mailing list, maka semua e-mail yang terdaftar sebagai anggotanya akan menerima pesan yang sama.

MIME = Multipurpose Internet Mail Extension. Perluasan dari internet Mail (e-mail) yang memungkinkan pengiriman gambar, suara, fax dan grafik melalui e-mail.

mIRC = Program klien IRC yang populer untuk Windows.

Mirror = Biasanya untuk menjelaskan suatu situs web (website) yang isinya mengkopi atau menduplikasi isi situs web lain. Mirror bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi pada suatu jaringan.

Modem = Modulator demodulator. Hardware yang memungkinkan komputer dapat bertukar informasi dengan menggunakan saluran telepon biasa. Modem merupakan salah satu perangkat yang harus Anda miliki agar dapat mengakses internet.

Netizen = Singkatan dari Internet Citizen. Seseorang yang memiliki akses ke internet.

Netiquette = Net Etiquette (etika berinternet). Kumpulan peraturan, sopan santun, dan ketentuan yang diterapkan sehingga tercipta keteraturan dalam bersosialisasi melalui internet.

Newbie = Pendatang baru di dunia internet.

Newsgroup = Suatu group yang mendiskusikan topik yang sama di internet.

NTTP = Network News Transfer Protocol. Protocol yang digunakan untuk mentransfer informasi pada aplikasi newsgroup.

Off-line = Memutuskan koneksi dari internet.

Online = Tersambung/terkoneksi ke internet.

POP = Post Office Protocol. Protokol untuk mengurus penyimpanan pesan e-mail pada ISP hingga Anda siap untuk membacanya.


Protocol = Beberapa aturan untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Suatu tugas komputer, seperti mengirim e-mail, dapat meliputi banyak protokol. Misalnya, segrup protokol menjelaskan cara mengirim e-mail dari komputer satu ke lainnya. Sementara grup protokol lain menjelaskan bagaimana data harus dijabarkan ketika pesan sampai di tujuan.

Search Engine = Situs web (web site) database tempat pencarian berbagai informasi yang berfungsi untuk membantu Anda dapat menemukan dokumen tertentu di World Wide Web. Search engine yang paling populer saat ini adalah Yahoo dan google.

Server = Merupakan pasangan dari client. Jenis komputer yang memiliki kemampuan lebih tinggi dan cepat dari komputer lain. Dalam internet, server merupakan tempat penyimpanan dokumen-dokumen web milik situs web tertentu.

Shareware = Software yang dapat di-download dan dicoba sebelum dibeli. Jika Anda suka, Anda hanya membayar biaya registrasi ke pembuat software tersebut.

Sign In = Serupa dengan Log In

Sign Out = Serupa dengan Log Out

SMTP = Simple Mail Transfer Protokol. Salah satu protokol yang terlibat dalam proses pertukaran e-mail.

SPAM = Istilah internet untuk menjelaskan segala macam pesan atau berita menjengkelkan, seperti e-mail tak penting, iklan yang tidak diminta, e-mail berantai, dan iklan di newsgroup.

TCP/IP = Transmision Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol jaringan yang digunakan untuk bertukar informasi di internet. TCP/IP bekerja dengan membagi informasi menjadi beberapa bagian (disebut dengan “paket”) dan mengirimkan bagian-bagian tersebut ke seluruh internet, kemudian menyusunnya kembali ketika tiba di tempat tujuan.

Thread = Debat atau diskusi yang sedang berlangsung pada suatu grup diskusi. Thead dapat juga diartikan sebagai sebuah topik pada forum diskusi di internet.

Upload = Mentransfer dokumen dari komputer Anda ke komputer server. Contohnya, saat Anda mentransferfile HTML dari komputer ke homepage Anda. Untuk proses sebaliknya, disebut download.

URL = Uniform Resource locator. Sistem penamaan alamat situs web (web site). Alamat URL adalah alamat halaman web (web page) tertentu. Misalnya, alamat URL untuk blog ini http://harisatha.blogspot.com/

Usenet = Istilah lain dari newsgroup.

Web Page = Satu halaman web (tunggal) yang merupakan bagian dari sebuah situs web (web site) secara keseluruhan. Satu web page, umumnya, identik dengan satu file HTML. Karena homepage hanya terdiri dari satu halaman web (satu file HTML), homepage juga dapat disebut sebagai sebuah web page.

Web Site = Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Merupakan kumpulan halaman web yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Halaman pertama sebuah web site adalah homepage. Sedangkan, halaman demi halamannya secara mandiri disebut web page.

World Wide Web = Salah satu cara (fasilitas) bagaimana Anda dapat saling bertukar informasi di internet. Sebagian orang berpendapat World Wide Web (WWW) berbeda dengan internet. WWW adalah dunianya, sedangkan internet adalah nama jaringannya.


Labels: Komputer dan Internet
by penchenk @

0 komentar:

Post a Comment