Yang tak kan terlupakan

Tuesday 26 January 2010

Inilah, 100 Situs Paling Kotor Menurut Symantec


Label: berita, Katanya ...


Banyak dari kita apabila sudah asyik berinternet menjadi tak sadarkan diri hingga kadang membuka situs-situs yang justru adalah situs kotor/jorok. Mulai dari berbelanja, melakukan transaksi perbankan, atau berhubungan dengan keluarga dan teman-teman, semuanya membutuhkan koneksi internet (online). Masalahnya adalah bagaimana Anda mengetahui apakah sebuah situs aman untuk dikunjungi dan situs manakah yang berusaha menipu Anda?
Di sinilah Symantec berperan. Sebagai salah satu penyedia solusi keamanan internet, Symantec telah mengidentifikasi "Situs Web paling Kotor pada Musim Panas 2009". Situs-situs tersebut diklasifikasikan ke dalam 100 situs dengan tingkat ancaman paling besar ketika dideteksi menggunakan layanan rating situs Norton Safe Web sejak Agustus 2009.

Norton Safe Web berperan menganalisa situs-situs internet menggunakan pemindaian file berbasis signature, mesin pendeteksi intrusi, deteksi perilaku dan analisis install/uninstall untuk mengidentifikasi resiko-resiko keamanan termasuk situs-situs phising, pengunduhan jahat, browser exploit dan link ke situs-situs eksternal yang tidak aman.

"Kotor" yang dimaksud oleh Symantec yakni situs tersebut memang benar-benar kotor—menampilkan konten dewasa (sebanyak 48% dari Situs Web Paling Kotor) dan kotor karena sudah berlapis dengan malware.

Malware adalah ancaman yang paling umum terdapat di daftar Situs Web Paling Kotor, diikuti oleh security risk dan browser exploits. Ancaman malware bahkan sudah mengintai saat pengguna baru mengunjungi situs-situs tersebut. Tanpa mengunduh atau meng-klik apapun secara khusus, saat itulah komputer pengguna sudah terancam. Ancaman bisa berupa infeksi komputer, dan lebih buruk lagi identitas atau informasi pribadi dan finansial Anda juga berpotensi jatuh ke tangan penjahat cyber.

Lalu, apa yang menyebabkan situs-situs tersebut menjadi demikian kotor? Pertama-tama, jumlah rata-rata ancaman untuk setiap situs jahat yang di-rating oleh Norton Safe Web adalah 23. Bandingkan angka tersebut dengan jumlah rata-rata ancaman pada Daftar Situs Web Paling Kotor -18.000 per situs. Bahkan, 40 dari 100 Situs Web Paling Kotor memiliki lebih dari 20.000 ancaman per situs. Penasaran dengan ke-100 Situs Web Paling Jorok? silakan berkunjung ke link berikut ini.

0 komentar:

Post a Comment